Senin, 09 Juli 2012

Serba-Serbi Permen Karet

Siapa yang tidak kenal dengan permen karet? Jenis permen satu ini emang udah mendunia.   Permen karet berasal dari Amerika, terbuat dari getah pohon atau damar gliserin yang ditambah larutan gula, peppermint dan bahan lainnya, kemudian diaduk dan dipress.  Saat ini permen karet tersedia dalam berbagai rasa dan kegunaan.  Namun ternyata permen karet juga mengandung bahaya yang mesti kita waspadai.  Berikut ringkasan manfaat dan kerugian permen karet…
Manfaat permen karet:

  • Dapat menyegarkan nafas, terutama bagi mereka yang memiliki masalah bau mulut.
  • Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur yang dapat membantu membersihkan rongga mulut dan gigi  sehingga mengurangi timbulnya plak-plak pada gigi.
  • Permen karet yang mengandung xylitol dapat membantu mengurangi gigi berlubang.  Menurut ahli, kegunaan xylitol antara lain dapat menekan jumlah bakteri penyebab kerusakan gigi, menghambat pertumbuhan plak, mempercepat proses pembentukan kembali mineral gigi atau remineralisasi, dan mencegah gigi berlubang.
  • Bagi sebagian orang, mengunyah permen karet dapat menjadi sarana untuk mengurangi ketegangan, stress atau tekanan psikis.
  • Dengan mengunyah permen karet akan merangsang otot-otot wajah untuk bergerak sehingga membuatnya menjadi lebih kuat.  Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan mengunyah permen karet selama 15 menit sehari bermanfaat bagi kecantikan.
  • Mengunyah permen karet membantu mengontrol selera, menurunkan asupan kalori harian partisipan hingga 40 persen dan mengurangi keranjingan terhadap kudapan, sehingga permen karet dapat membantu mengurangi berat badan.

Kerugian permen karet:
  • Mengunyah permen karet akan menyisakan gula dalam mulut yang apabila tidak dibersihkan akan mengundang kuman untuk tumbuh dan mengurangi kalsium gigi, sehingga menimbulkan efek kerusakan pada gigi.
  • Mengunyah permen karet dapat merusak tambalan gigi.
  • Anak-anak yang mengunyah permen karet dalam waktu yang lama, kemungkinan besar akan memiliki kebiasaan menggeretakkan gigi pada saat tidur karena otot-otot mulut dalam keadaan tegang, hal ini dapat mengurangi kualitas tidur mereka.
  • Remaja yang sering mengunyah permen karet dapat beresiko memiliki bentuk wajah segi empat, karena otot-otot rahang mungkin terlalu terlatih sehingga sangat cepat pertumbuhannya.
  • Sebagian besar permen karet bebas gula mengandung pemanis rendah kalori yang dikenal dengan sorbitol. Sorbitol merupakan gula alkohol yang bisa diserap oleh usus halus dan bekerja sebagai laksatif. Sebuah studi yang dipublikasikan di The British Medical Journal mengungkap kasus diare kronis, rasa sakit, dan penurunan berat badan tanpa sebab yang pasti, ternyata disebabkan oleh kelebihan konsumsi permen karet mengandung sorbitol.
  • Permen karet yang tertelan dapat menyumbat saluran kerongkongan dan tenggorokan sehingga terkadang menyebabkan kematian karena kesulitan bernafas.
Yang perlu kita tau:
Permen karet untuk pemutih gigi memang mengandung komponen-komponen abrasive yang berkadar rendah seperti baking soda atau pembersih seperti sodium hexametaphospate.  Tapi tidak ada bahan-bahan yang akan membuat gigi kita berkilau secara cepat.  Menurut pakar kedokteran dari UCLA, sebagian besar permen karet yang dipromosikan memutihkan gigi akan mencegah pembentukan noda yang terjadi setiap hari dari beragam hal seperti kopi, teh atau red wine.  Fungsi yang sama juga ditunjukkan permen karet biasa.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar