Senin, 09 Juli 2012

7 Cara Sederhana Mengurangi Nafsu Makan


Pernahkah anda merasa pingin makan walaupun anda tidak lapar?  Pasti semua pernah dong.  Perasaan ini biasanya terjadi bila kita mencium aroma yang sedap.  Apalagi kalau pas jalan-jalan eh trus lewat toko kue atau pas lagi lewat bagian camilan di supermarket.  Bagi yang nggak bisa nahan nafsu, pasti deh tu duit langsung keluar dari kantong.  Dan ini membuktikan bahwa nafsu makan berlebih ternyata bukan hanya berbahaya bagi tubuh kita tapi juga untuk kesehatan kantong kita :) .

          Pertama-tama kita harus bisa membedakan antara lapar dan nafsu makan.  Lapar merupakan indikator/tanda dari tubuh kita bahwa tubuh kekurangan asupan makanan.  Ini merupakan reaksi biologis alami.  Sedangkan nafsu makan merupakan suatu kumpulan yang komplek dari reaksi kimia tubuh, kebiasaan, perilaku sosial dan kondisi psikis yang begitu terkenal susah dikendalikan.  Namun pada dasarnya hal seperti ini bisa dikendalikan jika kita mau.  Dan mengendalikannya ternyata tidak sesulit yang anda bayangkan.  Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengendalikan atau mengurangi nafsu makan anda.

1. Ambillah makanan dalam jumlah kecil
Jika anda melihat makanan yang membuat nafsu makan anda timbul, maka cara yang bisa anda lakukan adalah mengambil sedikit makanan tersebut dan makanlah di tempat yang berbeda.  Misalnya anda mengambil makanan tersebut di dapur, maka makanlah diruang tamu.  Hal ini untuk menghindari anda untuk nambah lagi.  Dengan mengambil makanan dalam porsi kecil, selain anda dapat mencicipi makanan tersebut anda juga dapat mengurangi asupan kalorinya.  Saat melihat makanan yang menggiurkan, sebenarnya anda hanya ingin merasakan sensasi enak makanan tersebut dalam mulut (bukan untuk kepentingan perut).  Jadi dengan porsi kecil saja sudah cukup. Cara ini cukup efektif, kecuali anda melihat 10 macam makanan yang membangkitkan nafsu makan disaat bersamaan.

2. Jangan gunakan tempat makan transparan
Ternyata wadah makanan juga berpengaruh pada nafsu makan lho.  Menurut penelitian dalam International Journal of Obesity di Amerika, wanita akan makan 71% lebih banyak jika wadah makanannya transparan.  Hal ini disebabkan karena wadah yang transparan akan membuat makanan anda terlihat semakin menggoda sehingga ini merangsang nafsu makan anda.  Jadi bagi yang suka menggunakan wadah transparan untuk makanan, gantilah dengan wadah tertutup agar anda tidak tergoda untuk terus menyantap makanan anda.

3. Alihkan perhatian
Rasa pingin makan bisa saja disebabkan karena bosan, stress dan rutinitas.  Jika      penyebab timbulnya nafsu makan anda adalah ketiga hal tersebut, maka solusinya adalah dengan mencari aktivitas lain seperti jalan-jalan, telpon telponan dengan teman, mendengarkan musik (mungkin sambil olahraga), membaca ataupun melakukan hobi anda (kecuali hobi makan).  Pada intinya lakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menghilangkan rasa bosan dan stress anda.  Tidak ada salahnya untuk mencoba kegiatan-kegiatan yang baru agar hari-hari anda lebih bervariasi.  Jika anda sudah berhasil melakukan kegiatan tanpa melibatkan makanan, maka otomatis anda telah menekan nafsu makan anda.

4. Nyalakan lampu
Ketika anda masuk dalam dapur di malam hari, nyalakan semua lampu yang ada. Irvine, seorang peneliti dari “University of California” mengatakan anda akan merasa berada dalam sorotan kalau diterangi banyak lampu (mungkin seperti perasaan maling kali ya). Perasaan berada dalam sorotan ini membuat anda punya kesadaran tambahan dan tidak akan sembarangan melakukan perbuatan yang tidak perlu, seperti melahap es krim misalnya.

5. Nyalakan lilin
Penelitian menunjukkan bahwa menghirup aroma tertentu dapat mengurangi nafsu makan.  Jadi lilin yang digunakan disini bukan lilin yang biasa kita pakai saat mati lampu, tapi lilin dengan aroma.   Sebenarnya anda dapat menggunakan apapun yang memiliki aroma tertentu tersebut, namun penggunaan lilin lebih efektif karena cahaya redup dari lilin dapat menimbulkan efek relaksasi dan aroma yang ditimbulkannya lebih bertahan lama dibandingkan jika kita menggunakan alat semprot.  Aroma yang berguna dalam proses ini adalah apel, peppermint dan pisang.

6. Cubit-cubitan
Yang dimaksud cubit-cubitan disini adalah bukan yang dilakukan dengan pacar, ya walaupun mungkin adanya pacar disebelah bisa juga mengalihkan perhatian anda dari makanan (termasuk karena gengsi juga kalau makan banyak).  Jika anda merasa sulit mengendalikan nafsu makan, cobalah untuk mencubit area kecil dari tulang rawan, tempat dimana rahang anda menempel tepat di bawah telinga, yang mana beberapa ahli akunpuktur mengatakan kalau itu adalah titik pengendalian nafsu makan. Lakukan ini selama setengah menit.

7. Pilih makanan yang mengenyangkan
Untuk mengurangi porsi makan, pilihlah makanan yang membuat anda cepat kenyang namun dengan kenyang yang bertahan lama.  Makanan yang mengandung lemak selain enak juga dapat membuat anda kenyang, namun efek buruknya adalah makanan ini akan membuat anda ingin makan terus. Beberapa makanan yang dapat mengenyangkan antara lain:  popcorn, selai kacang, kentang, pasta coklat, kacang hijau matang, anggur dan jeruk.
          Untuk hasil yang lebih baik, cobalah untuk mengkombinasikan cara-cara diatas.  Namun yang perlu diingat adalah jangan sampai karena ingin mengurangi nafsu makan, anda melupakan kebutuhan gizi tubuh anda.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar