Senin, 09 Juli 2012

Manfaat Madu Untuk Tubuh


Madu merupakan sebuah cairan yang menyerupai sirup yang dihasilkan oleh lebah madu. Madu memiliki rasa manis yang tidak sama dengan gula atau pemanis lainnya. Madu memiliki berbagai macam jenis. Ini tergantung dari jenis sari bunga yang diambil oleh si lebah itu sendiri. Madu memiliki warna yang berbeda-beda setiap jenisnya.
Sudah sejak jaman nenek moyang kita mengenal madu yang dipercaya memiliki berbagai macam manfaat. Madu bisa dimanfaatan sebagai obat, makanan, perawatan kecantikan, bumbu penyedap, bahkan balsam untuk mumi. Para ilmuwan juga telah melakukan penelitian dan memang madu ini memiliki keunikan dan manfaat yang sangat luar biasa bagi kehidupan manusia.
Dengan adanya berbagai penelitian, sampai saat ini madu telah populer diberbagai belahan dunia. Khasiat dan manfaat madu yang sangat luar biasa ini dipotensikan oleh setiap kalangan masyarakat di dunia. Makanya sekarang ini banyak sekali madu dijual di pasaran. Akan tetapi kita harus jeli membedakan madu yang asli dan madu yang palsu. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang memalsukan madu untuk keuntungan lebih yang akan mereka dapatkan.
Nah hari ini kita akan membahas tentang manfaat madu untuk tubuh kita:

1. Pengganti gula
Madu bisa dijadikan untuk pengganti gula. Karena madu lebih menyehatkan dibandingkan dengan gula yang ada di pasaran. Untuk meningkatkan rasa madu dapat ditambahkan susu. Karena susu dan madu dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita.

2. Mengobati sistem pencernaan
Madu memiliki anti bakterial yang sangat tinggi. Sehingga madu terbilang sangat higienis. Tapi ini tergantung bagaimana cara petani lebah mengambil madu dari sarang lebahnya. Sifat anti bakterial ini dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan pada tubuh kita. Madu memang memiliki zat yang sangat unik. Madu sangat mudah dicerna oleh tubuh kita. Dengan mengkonsumsi madu setiap hari akan mendapatkan energi ekstra untuk melakukan semua kegiatan kita.

3. Untuk diet
Jika anda ingin diet dapat dengan cara mengkonsumsi madu setiap hari. Segalas air hangat dicampur dengan madu dan lemon setiap pagi akan membatu anda mengurangi berat badan. Madu mampu mengikis lemak di dalam tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi madu setiap hari akan bisa mengurangi berat badan anda.

4. Mencegah rambut rontok
Madu juga memiliki khasiat untuk mencegah rambut rontok ataupun kebotakan. Yaitu dengan cara mengoleskan madu yang dicampur dengan minyak zaitun yang telah dipanaskan dan kayu manis bubuk di kulit kepala anda. Lakuakn hal ini sebelum mandi selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu dibasuh dengan air hangat hingga bersih. Lakukan hal ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

5. Mencegah kanker
Madu memiliki kandungan karsinogen. Karsinogen ini dapat mencegah dan sebagai anti tumor serta kanker bagi tubuh kita. Caranya dengan mengkonsumsi madu yang dicampur dengan kayu manis bubuk selama sebulan. Mengkonsumsi campuran madu dan kayu manis bubuk 3 kali sehari dapat membantu anda mencegah kanker.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar