Senin, 09 Juli 2012

Hidup Lebih Lama dan Awet Muda Dengan Buah Kiwi

Pada dasarnya semua buah memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, itulah sebabnya kita disarankan untuk selalu mengkonsumsi buah dengan porsi kurang lebih 5-7 porsi setiap harinya. Selain itu disarankan untuk memvariasikan jenis buah yang kita konsumsi, karena kandungan masing-masing buah berbeda, maka manfaat bagi tubuh kita akan lebih banyak. Namun kebanyakan orang tidak bisa atau sulit untuk memvariasikan buah yang kita makan. Oleh karena itu kita perlu satu jenis buah yang bisa memberikan segala manfaat yang kita butuhkan, dan itu adalah buah kiwi.
Mengapa buah kiwi? Dari hasil penelitian di Amerika, disebutkan bahwa dari 27 jenis buah yang umum dikonsumsi, ternyata kiwi memiliki kepadatan nutrisi yang paling tinggi. Makin tinggi nilai kepadatan nutrisi suatu bahan makanan, maka mutu bahan tersebut akan semakin baik. Buah kiwi disinyalir mengandung sumber vitamin alami yang tinggi, memiliki keseimbangan mineral yang sempurna, mengandung antioksidan tinggi, dan sarat dengan phytonutrients yang baik bagi kesehatan seperti polyphenols (antioksidan), enzim (bagi pencernaan), dan karotenoids (antioksidan dan kesehatan mata). Sejumlah penelitian bahkan menyatakan bahwa kandung vitamin C dalam buah kiwi, dua kali lebih banyak daripada buah jeruk dan jauh lebih banyak ketimbang buah apel. Selain vitamin C, buah kiwi juga mengandung vitamin A, B1, B2, B6, asam folat, niasin dan asam pantotenat dalam jumlah yang cukup, dan vitamin E 2x lipat dibanding alpukat. Kandungan yang terakhir inilah yang penting untuk merawat kecantikan kulit, oleh karena itu buah kiwi sangat baik untuk dikonsumsi oleh para wanita yang ingin memiliki kulit sehat secara alami.
Vitamin C dan E yang terkandung dalam buah eksotik ini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah masuknya segala macam penyakit dan berperan sebagai antioksidan alami guna menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah sebuah atom atau molekul yang memiliki satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan, sehingga bebas berikatan dengan berbagai sel dan jaringan dalam tubuh. Jika radikal bebas sudah sel kita, akibatnya adalah penuaan sel dan pemicu timbulnya berbagai penyakit seperti kanker, jantung, dan proses penuaan dini. Selain itu, serat yang terkandung dalam kiwi juga bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan dan pembuangan.
Buah kiwi ternyata juga merupakan sumber asam amino arginin dan glutamate. Arginin adalah asam amino yang bersifat vasodilator atau menurunkan tekanan darah dan melancarkan aliran darah. Sebagai vasodilator, arginin juga berguna untuk mengobati gejala impotensi. Asam amino glutamate sendiri juga dapat mencegah terjadinya plak pada dinding arteri.
Elektrolitnya sangat penting untuk mengganti hilangnya elektrolit tubuh akibat keluarnya keringat selama beraktivitas berat seperti berolahraga atau karena cuaca panas. Mineral dalam kiwi juga diperlukan untuk mempertahankan stamina. Beberapa mineral penting yang terkandung dalam kiwi antara lain:
  • Kalium (K)
Mineral ini bermanfaat untuk menjaga fungsi otot dan gerak reflek system saraf serta diyakini sebagai mineral untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu kandungan kaliumnya yang tinggi terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah, sehingga dapat mengurangi 8% angka kematingan akibat stroke dan 5% angka kematian akibat jantung koroner.
  • Magnesium (Mg)
Kandungan magnesium dalam buah kiwi adalah yang paling tinggi jika dibandingkan dengan 27 jenis buah yang biasa dikonsumsi di Amerika. Kekurangan magnesium akan menyebabkan kita rawan terkena serangan penyakit jantung, infark miokard dan hipertensi.
  • (Zn)
Seng sangat baik untuk meningkatkan hormone tetosteron, jadi bagi para pria, dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi buah kiwi.
Jadi kalau ingin menikmati satu jenis buah dengan sejuta manfaat, buah kiwi adalah pilihan yang tepat untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar