Rabu, 11 Juli 2012

KOMPUTER




Sebuah jaringan komputer, sering hanya disebut sebagai jaringan, adalah kumpulan komputer dan komponen hardware lain dihubungkan oleh saluran komunikasi yang memungkinkan berbagi sumber daya dan informasi. Di mana setidaknya satu proses dalam satu perangkat ini dapat mengirim / menerima. data ke / dari setidaknya satu proses yang berada di perangkat remote, maka kedua perangkat dikatakan dalam jaringan. Cukup, lebih dari satu komputer saling berhubungan melalui media komunikasi untuk pertukaran informasi disebut jaringan komputer.


Jaringan dapat diklasifikasikan menurut berbagai karakteristik, seperti media yang digunakan untuk transportasi data, komunikasi protokol yang digunakan, skala, topologi, dan ruang lingkup organisasi.


Komunikasi protokol mendefinisikan aturan dan format data untuk pertukaran informasi dalam jaringan komputer, dan memberikan dasar untuk pemrograman jaringan. Terkenal komunikasi protokol Ethernet, lapisan hardware dan link standar yang di mana-mana dalam jaringan area lokal, dan Internet protokol suite, yang mendefinisikan satu set protokol untuk internetworking, yaitu untuk komunikasi data antara beberapa jaringan, serta host-to-host transfer data, dan format spesifik aplikasi transmisi data.


Jaringan komputer kadang-kadang dianggap sebagai sub-disiplin teknik listrik, telekomunikasi, ilmu komputer, teknologi informasi atau teknik komputer, karena hal itu bergantung pada aplikasi teoritis dan praktis dari disiplin ilmu ini.


Sebelum adanya jaringan komputer yang didasarkan pada beberapa jenis sistem telekomunikasi, komunikasi antara mesin perhitungan dan komputer awal dilakukan oleh pengguna manusia dengan melakukan instruksi di antara mereka. Banyak perilaku sosial terlihat di Internet saat ini yang terbukti hadir di abad 19 dan bisa dibilang dalam jaringan bahkan lebih awal menggunakan sinyal visual. Pada bulan September 1940, George Stibitz menggunakan mesin Teletype untuk mengirim instruksi untuk masalah set dari model di Dartmouth College untuk Kalkulator Jumlah Kompleks di New York dan menerima hasil kembali dengan cara yang sama. Menghubungkan sistem output seperti teletypewriters ke komputer adalah minat pada Advanced Research Projects Agency (ARPA) ketika, pada tahun 1962, JCR Licklider dipekerjakan dan mengembangkan kelompok kerja yang disebut "Jaringan Komputer intergalaksi", sebagai awal dari ARPANET.


Awal jaringan komputer berkomunikasi termasuk sistem radar militer semi-otomatis Lingkungan Ground (SAGE), dimulai pada akhir 1950-an. Reservasi maskapai penerbangan komersial sistem semi-otomatis bisnis penelitian lingkungan (SABRE) pergi online dengan dua mainframe yang terhubung pada tahun 1960. 
Pada tahun 1964, para peneliti di Dartmouth mengembangkan Waktu Dartmouth Sharing System untuk pengguna didistribusikan sistem komputer besar. Pada tahun yang sama, di Massachusetts Institute of Technology, sebuah kelompok penelitian yang didukung oleh General Electric dan Bell Labs menggunakan komputer untuk rute dan mengelola sambungan telepon. Sepanjang tahun 1960 Leonard Kleinrock, Paul Baran dan Donald Davies independen dikonsep dan dikembangkan sistem jaringan yang menggunakan paket yang dapat digunakan dalam jaringan antar sistem komputer. 1965 Thomas Marill dan Lawrence G. Roberts menciptakan jaringan area pertama luas (WAN). Ini merupakan prekursor langsung ke ARPANET, yang Roberts menjadi manajer program.
Yang pertama banyak digunakan telepon saklar yang digunakan kontrol komputer benar diperkenalkan oleh Western Electric pada tahun 1965. Pada tahun 1969 University of California di Los Angeles, Stanford Research Institute, University of California di Santa Barbara, dan University of Utah dihubungkan sebagai awal dari jaringan ARPANET menggunakan 50 kbit / s sirkuit. Layanan komersial menggunakan X.25 dikerahkan pada tahun 1972, dan kemudian digunakan sebagai infrastruktur dasar untuk memperluas jaringan TCP / IP.


Hari ini, jaringan komputer adalah inti dari komunikasi modern. Semua aspek modern dari masyarakat beralih jaringan telepon (PSTN) yang dikendalikan komputer, dan telepon semakin berjalan lebih dari Internet Protocol, meskipun belum tentu Internet publik. Ruang lingkup komunikasi telah meningkat secara signifikan dalam dekade terakhir, dan ini booming dalam komunikasi tidak akan mungkin terjadi tanpa jaringan komputer semakin maju. Jaringan komputer, dan teknologi yang dibutuhkan untuk menghubungkan dan berkomunikasi melalui dan di antara mereka, terus mendorong perangkat keras komputer, perangkat lunak, dan industri peripheral. Ekspansi ini dicerminkan oleh pertumbuhan jumlah dan jenis pengguna jaringan, dari peneliti untuk pengguna rumahan.


0 komentar:

Posting Komentar