Rabu, 13 Juni 2012

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Manfaat lengkuas biasanya hanya sebagai pelengkap bumbu masakan, tapi sebenarnya lengkuas juga bermanfaat untuk kesehatan. Menurut para ahli herbal, lengkuas yang memiliki nama latin Alpinia purpurata bisa membantu kita menghilangkan berbagai masalah kesehatan, terutama pada bagian kulit, manfaat lengkuas di antaranya adalah:

Manfaat Lengkuas


  1. Manfaat lengkuas untuk mengatasi panu :
    Amit-amit mungkin adalah ucapan Anda ketika mendengar kata panu atau jamur karena keberadaannya sangat mengganggu penampilan dan membuat minder. Cobalah untuk mengatasi satu rimpang segar lengkuas merah yang dipotong miring dan  dipukul-pukul bagian ujungnya sehingga mengeluarkan sedikit air. Gosokkan ujujng yang berair tersebut pada kulit yang terkena panu secara rutin.
  2. Manfaat lengkuas untuk mengatasi kurap :
    Kurap juga akan sangat mengganggu buat Anda, jika Anda ingin sembuh dari kurap, Anda dapat mencampur lengkuas sebanyak 4 ruas dengan bawang putih yang ditumbuk halus. Tambahkan 1 sendok cuka makan dan panaskan. Setelah dingin, oleskan pada bagian tubuh yang terserang kurap.
  3. Manfaat lengkuas untuk mengatasi eksim :
    Untuk mengobati eksim, parut satu rimpang langkuas yang telah dicuci bersih. Tambahkan air kapur sirih sebanyak satu sendok makan, aduk hingga rata. Oleskan ke bagian kulit yang terkena eksim, kemudian balut dengan perban.
  4. Manfaat lengkuas untuk mengatasi bercak putih pada kulit :
    Untuk mengatasi bercak putih, campurkan dua jari rimpang lengkuas merah dengan cuka sebanyak satu sendok makan. Oleskan pada bagian tubuh yang terdapat kelainan kulit. Lakukan hingga bercak dan tahi lalat mengempis atau hilang.
Sumber

0 komentar:

Posting Komentar